Semua pasti tahu dong “Kue Kekinian” yang lagi marak
dilakukan para artis? Termasuk artis cantik Nagita Slavina seorang istri dari
artis terkenal Raffi Ahmad juga tidak ketinggalan menjual "Kue Kekinian”
tersebut. Dengan bermerk Gigieatcake dia tentu meraih keuntungan yang banyak
disamping popularitasnya dia juga mempunyai fans yang banyak. Namun tahu kah
kalian kenapa sih artis-artis itu menjualnya secara bersama-sama dalam waktu
yang tidak berbeda jauh? Ternyata mereka satu manajemen yang dimiliki oleh
sepasang artis suami istri Zaskia Sungkar dan Irwansyah yang bernama Jannah
Corporation (J.Corp), dimana mereka adalah seorang artis sinetron yang sudah
lama berlalu lalang dilayar kaca TV Indonesia. Namun sekarang mereka sedang
tidak sibuk didunia sinetron tetapi sedang sibuk memperkembangkan bisnisnya.
Setelah Zaskia Sungkar mempunyai bisnis sebuah butik kini ia dan suaminya
menjajal peruntungan di bidang kuliner.
Setelah
kita tahu latar belakang Jannah Corporation kita kembali lagi ke Kue Kekinian
milik Nagita Slavina. Saya akan membahas Perencanaan Pemasaran Gigieatcake
berdasarkan buku Manajemen Pemasaran Kotler dan Keller yang akan dijelaskan
sebagai berikut.
1.Rangkuman Eksekutif
Gigieatcake
adalah salah satu merk Kue Kekinian yang dijalankan seorang artis Nagita
Slavina dibawah naungan manajemen Jannah Corporation. Gigieatcake mengembangkan
Kue Kekinian tersebut dengan berbagai rasa dan toping yang berbeda. Meskipun
sudah banyak artis yang menjual Kue Kekinian tersebut dan tidak beda jauh
bentuk dan bahan dasarnya Nagita Slavina tetap ikut terjun ke dunia bisnis
kuliner itu dilandasi pengalaman Nagita dengan bisnisnya yang laris manis di
pasaran.
Ngemil
adalah suatu hobi masyarakat Indonesia dan mereka suka dengan hal yang Kekinian
tersebut. Maka Gigieatcake pun mempunyai semboyan #SEGIGITBIKINHITZ karena
belum Hitz apabila belum beli kue ini. Dan dari kebiasaan orang Indonesia yang
suka makan dan ngemil itu menjadi alasan yang kuat.
Gigieatcake
akan selalu berinovasi dan bertambah rasa di produknya supaya lebih banyak
variannya agar masyarakat Indonesia tidak bosan dengan rasa yang itu-itu saja.
tentu juga dengan topping yang berbeda. Dan membuka gerai toko lebih banyak
supaya dapat terjangkau.
2. Analisis Situasi
Gigieatcake
hadir ditengah-tengah masyarakat Indonesia pada pertengahan tahun 2017. Awal
pembukaan gerai Gigieatcake berada di Margonda, Depok. Launching toko dan kue
ini disambut dengan meriah dengan antusiasme masyarakat yang cukup baik. Dilihat
dari panjangnya antrian untuk mendapatkan Kue Kekinian ini belum lagi kehadiran
artis nya yaitu Nagita Slavina dan sang suami Raffi Ahmad menambah ramainya
launching toko dan kue ini. Sadar karena banyak peminatnya mereka lalu
berencana membuka toko Gigieatcake ditempat lain.
3.Rangkuman Pasar
Gigieatcake
memiliki informasi yang banyak dan baik untuk meningkatkan kualitas dan
kuantitas kue mereka. Penggemar yang banyak pun sangat mempengaruhi untuk ke
depannya. Pasar sasaran mereka makanan.Dilihat dari faktor geografis penggemar
Gigieatcake memang hanya bisa membeli didaerah dimana toko tersebut dibuka
karena tidak semua disetiap daerah ada. Namun dengan promosi mereka melalui
media sosial yang baik maka banyak penggemar mereka yang jauh-jauh datang ke gerai
mereka hanya untuk membeli Kue Kekinian tersebut. Faktor demografi Gigieatcake
diperuntukkan untuk semua kalangan usia dan gender. Tidak ada spesifikasi
khusus karena kue ini dapat dinikmati semua orang. Lalu faktor perilaku dilihat
dari masyarakat Indonesia yang suka dengan kue, perilaku konsumtif dan ingin
terlihat kekinian. Karena menurut mereka belum kekinian apabila belum merasakan
Kue kekinian tersebut.
Kebutuhan
pasar ini dapat dipenuhi oleh Gigieatcake. Karena kue ini dapat dinikmati semua
kalangan dan dapat dinikmati dalam berbagai suasana. Dilihat dari kualitas
pengerjaan yang baik dan rasa yang enak maka pelanggan tidak akan sungkan
mengantri panjang demi kue tersebut. Lalu desain yang baik juga mempengaruhi
dilihat dari rasa favorit orang Indonesia dan kemasan yang praktis dapat
memberi informasi untuk Gigieatcake. Dan layanan pelanggan yang baik dengan
ramahnya para karyawan dan tentu saja Nagita Slavina sendiri dapat meningkatkan
kepuasan tersendiri bagi pelanggannya.
Trend
pasar yang sedang marak dimana banyak artis yang mencoba peruntungan dibidang
kuliner terutama dibagian Cake and Pastry yang menjadikan Nagita Slavina mau
ikut terjun ke bisnis ini. Dilihat dari antusiasme masyarakat dan popularitas
artisnya tentu saja dapat meningkatkan keuntungan yang banyak.
Analisis
SWOT adalah analisis yang mengungkapkan kekuatan dan kelemahan utama yang ada
di dalam Gigieatcake dan menggambarkan peluang dan ancaman yang dihadapi
Gigieatcake
a.
Strength (Kekuatan)
Desain produk kue yang dapat menggugah selera
sehinggan ingin membelinya dan kemasan yang praktis. Lalu pengalaman dari
berbagai bisnis Nagita Slavina yang laris manis dipasaran menjadikan kekuatan
tersendiri dan belum lagi Nagita Slavina seorang lulusan Luar Negri dan dapat
dipercaya sebagai owner Gigieatcake dan kekuatan media sosial (Instagram)
sangat mendukung penjualan Gigieatcake.
b.
Weakness (Kelemahan)
Toko yang baru sedikit dan tidak disemua daerah ada
maka hal itu dapat menyebabkan kekecewaan bagi diluar daerah.
c. Opportunity
(Peluang)
Dilihat dari analisis kekuatannya dapat dipastikan
Gigieatcake akan laris manis dipasaran mengingat Nagita Slavina adalah seorang
artis papan atas yang banyak dikenal orang dan kemampuannya dalam berjualan
juga bagus. Partisipasi dalam industri makanan yang sedang tumbuh. Hadirnya
Gigieatcake pun dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkannya.
d. Treat
(Ancaman)
Persaingan antara kue artis lain yang satu manajemen
maupun diluar Jannah Corporation. Dapat mematikan usaha kue-kue lokal karena
kue ini bersifat kue modern.
Persaingan antara Gigieatcake dan kue artis lainnya
yang satu manajemen maupun diluar manajemen Jannah Corporation tidak terlalu
membuat bergeming. Karena mereka ditempatkan diberbagai daerah dan mempunyai
rasa dan bahan dasarnya sebagian besar sama dan rezeki pun sudah ada yang
mengatur, namun mereka terus melakukan promosi besar-besaran.
Isu-isu Penting yang harus diperhatikan Gigieatcake
sebagai bisnis kuliner baru adalah memantapkan dirinya sebagai brand yang
terkemuka dan yang terbaik. Selalu mengamati kepuasan pelanggan dan memastikan
strategi pertumbuhan tidak pernah mengkompromikan pelayanan dan tingkat
kepuasan.
4. Strategi Pemasaran
Kunci
strategi pemasaran adalah fokus kepada penjualan. Gigieatcake mampu membuat
produk yang diminati banyak orang dan Gigieatcake mampu melayani semua segmen
yang berbeda.
Tujuan
pemasaran Gigieatcake adalah mempertahankan Kue Kekinian mereka untuk tetap
dihati masyarakat Indonesia dan tidak pernah bosan. Sementara tujuan
keuangannya adalah mempertahankan anggaran riset dan pengembangan yang
signifikan untuk mendorong pengembangan produk dimasa depan.
Pasar
Sasaran (Target) untuk Gigieatcake adalah bidang makanan karena bisnis yang
paling diminati saat ini adalah bidang makanan dan makanan merupakan bisnis
yang semua kalangan dapat menikmatinya. Dapat dilihat juga dari beragamnya
jenis makanan yang muncul sekarang ini.
Positioning
(Pemosisian) Gigieatcake adalah menjadikan camilan kue ini disukai banyak
masyarakat Indonesia dan selalu ingin memesan dalam event apapun seperti
semboyannya yaitu #SEGIGITBIKINHITZ. Karena belum hitz kalau belum beli
Gigieatcake.
Bauran
Pemasaran Model 4P dipopulerkan oleh Jerome McCarthy (1968) yang mengemukakan
empat elemen bauran pemasaran: Product, Price, Promotion, dan Place
(Distribution). Maka bauran pemasaran dari Gigieatcake seperti berikut.
a. Produk
(Product)
Untuk produk Gigieatcake sendiri mereka menawarkan
berbagai macam rasa yang menjadi favorite masyarakat Indonesia dan dengan
topping dan pengemasan yang baik. Gigieatcake akan terus berusaha untuk
mencapai tingkat pelayanan yang baik dan sesuai dengan standarnya.
b.
Penetapan Harga (Price)
Penetapan harga ini tidak berbeda jauh dengan kue
yang masih satu manajemen dengan Gigieatcake. Rata-rata berkisar Rp 50.000-Rp
65.000 sangat menjangkau kantong masyarakat indonesia.
c. Iklan
dan Promosi (Promotion)
Iklan dan promosi ini dilakukan di media sosial
instagram yang mempunyai kekuatan sangat cepat menjangkau ke seluruh pelosok.
Lalu mengadakan Meet n Great di toko mereka. Lalu membuka stand di acara
kuliner di berbagai tempat atau Mall. Mengadakan kompetisi (challenge) untuk
menarik minat pembeli.
d. Distribusi (Place)
Gigieatcake menggunakan model distribusi langsung ke
pelanggan. Gigieatcake memilih lokasi yang mungkin dapat dijangkau orang dan
lokasi yang ramai penduduk. Contohnya di Margonda, Serpong, Bekasi, Bogor dan
dua kota terbarunya Cirebon dan Karawang.
5. Rencana Keuangan
Rencana
keuangan Gigieatcake adalah mampu meningkatkan laba dengan sesuai apa yang
mereka kerjakan dan mereka keluarkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar