Rabu, 29 November 2017

PERENCANAAN PEMASARAN GIGIEAT CAKE



     Semua pasti tahu dong “Kue Kekinian” yang lagi marak dilakukan para artis? Termasuk artis cantik Nagita Slavina seorang istri dari artis terkenal Raffi Ahmad juga tidak ketinggalan menjual "Kue Kekinian” tersebut. Dengan bermerk Gigieatcake dia tentu meraih keuntungan yang banyak disamping popularitasnya dia juga mempunyai fans yang banyak. Namun tahu kah kalian kenapa sih artis-artis itu menjualnya secara bersama-sama dalam waktu yang tidak berbeda jauh? Ternyata mereka satu manajemen yang dimiliki oleh sepasang artis suami istri Zaskia Sungkar dan Irwansyah yang bernama Jannah Corporation (J.Corp), dimana mereka adalah seorang artis sinetron yang sudah lama berlalu lalang dilayar kaca TV Indonesia. Namun sekarang mereka sedang tidak sibuk didunia sinetron tetapi sedang sibuk memperkembangkan bisnisnya. Setelah Zaskia Sungkar mempunyai bisnis sebuah butik kini ia dan suaminya menjajal peruntungan di bidang kuliner. 
            Setelah kita tahu latar belakang Jannah Corporation kita kembali lagi ke Kue Kekinian milik Nagita Slavina. Saya akan membahas Perencanaan Pemasaran Gigieatcake berdasarkan buku Manajemen Pemasaran Kotler dan Keller yang akan dijelaskan sebagai berikut.
1.Rangkuman Eksekutif
            Gigieatcake adalah salah satu merk Kue Kekinian yang dijalankan seorang artis Nagita Slavina dibawah naungan manajemen Jannah Corporation. Gigieatcake mengembangkan Kue Kekinian tersebut dengan berbagai rasa dan toping yang berbeda. Meskipun sudah banyak artis yang menjual Kue Kekinian tersebut dan tidak beda jauh bentuk dan bahan dasarnya Nagita Slavina tetap ikut terjun ke dunia bisnis kuliner itu dilandasi pengalaman Nagita dengan bisnisnya yang laris manis di pasaran.
            Ngemil adalah suatu hobi masyarakat Indonesia dan mereka suka dengan hal yang Kekinian tersebut. Maka Gigieatcake pun mempunyai semboyan #SEGIGITBIKINHITZ karena belum Hitz apabila belum beli kue ini. Dan dari kebiasaan orang Indonesia yang suka makan dan ngemil itu menjadi alasan yang kuat.
            Gigieatcake akan selalu berinovasi dan bertambah rasa di produknya supaya lebih banyak variannya agar masyarakat Indonesia tidak bosan dengan rasa yang itu-itu saja. tentu juga dengan topping yang berbeda. Dan membuka gerai toko lebih banyak supaya dapat terjangkau.
2. Analisis Situasi
            Gigieatcake hadir ditengah-tengah masyarakat Indonesia pada pertengahan tahun 2017. Awal pembukaan gerai Gigieatcake berada di Margonda, Depok. Launching toko dan kue ini disambut dengan meriah dengan antusiasme masyarakat yang cukup baik. Dilihat dari panjangnya antrian untuk mendapatkan Kue Kekinian ini belum lagi kehadiran artis nya yaitu Nagita Slavina dan sang suami Raffi Ahmad menambah ramainya launching toko dan kue ini. Sadar karena banyak peminatnya mereka lalu berencana membuka toko Gigieatcake ditempat lain.
3.Rangkuman Pasar
            Gigieatcake memiliki informasi yang banyak dan baik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kue mereka. Penggemar yang banyak pun sangat mempengaruhi untuk ke depannya. Pasar sasaran mereka makanan.Dilihat dari faktor geografis penggemar Gigieatcake memang hanya bisa membeli didaerah dimana toko tersebut dibuka karena tidak semua disetiap daerah ada. Namun dengan promosi mereka melalui media sosial yang baik maka banyak penggemar mereka yang jauh-jauh datang ke gerai mereka hanya untuk membeli Kue Kekinian tersebut. Faktor demografi Gigieatcake diperuntukkan untuk semua kalangan usia dan gender. Tidak ada spesifikasi khusus karena kue ini dapat dinikmati semua orang. Lalu faktor perilaku dilihat dari masyarakat Indonesia yang suka dengan kue, perilaku konsumtif dan ingin terlihat kekinian. Karena menurut mereka belum kekinian apabila belum merasakan Kue kekinian tersebut.
            Kebutuhan pasar ini dapat dipenuhi oleh Gigieatcake. Karena kue ini dapat dinikmati semua kalangan dan dapat dinikmati dalam berbagai suasana. Dilihat dari kualitas pengerjaan yang baik dan rasa yang enak maka pelanggan tidak akan sungkan mengantri panjang demi kue tersebut. Lalu desain yang baik juga mempengaruhi dilihat dari rasa favorit orang Indonesia dan kemasan yang praktis dapat memberi informasi untuk Gigieatcake. Dan layanan pelanggan yang baik dengan ramahnya para karyawan dan tentu saja Nagita Slavina sendiri dapat meningkatkan kepuasan tersendiri bagi pelanggannya.
            Trend pasar yang sedang marak dimana banyak artis yang mencoba peruntungan dibidang kuliner terutama dibagian Cake and Pastry yang menjadikan Nagita Slavina mau ikut terjun ke bisnis ini. Dilihat dari antusiasme masyarakat dan popularitas artisnya tentu saja dapat meningkatkan keuntungan yang banyak.
            Analisis SWOT adalah analisis yang mengungkapkan kekuatan dan kelemahan utama yang ada di dalam Gigieatcake dan menggambarkan peluang dan ancaman yang dihadapi Gigieatcake
a.      Strength (Kekuatan)
Desain produk kue yang dapat menggugah selera sehinggan ingin membelinya dan kemasan yang praktis. Lalu pengalaman dari berbagai bisnis Nagita Slavina yang laris manis dipasaran menjadikan kekuatan tersendiri dan belum lagi Nagita Slavina seorang lulusan Luar Negri dan dapat dipercaya sebagai owner Gigieatcake dan kekuatan media sosial (Instagram) sangat mendukung penjualan Gigieatcake.
b.     Weakness (Kelemahan)
Toko yang baru sedikit dan tidak disemua daerah ada maka hal itu dapat menyebabkan kekecewaan bagi diluar daerah.
c.     Opportunity (Peluang)
Dilihat dari analisis kekuatannya dapat dipastikan Gigieatcake akan laris manis dipasaran mengingat Nagita Slavina adalah seorang artis papan atas yang banyak dikenal orang dan kemampuannya dalam berjualan juga bagus. Partisipasi dalam industri makanan yang sedang tumbuh. Hadirnya Gigieatcake pun dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkannya.
d.     Treat (Ancaman)
Persaingan antara kue artis lain yang satu manajemen maupun diluar Jannah Corporation. Dapat mematikan usaha kue-kue lokal karena kue ini bersifat kue modern.
Persaingan antara Gigieatcake dan kue artis lainnya yang satu manajemen maupun diluar manajemen Jannah Corporation tidak terlalu membuat bergeming. Karena mereka ditempatkan diberbagai daerah dan mempunyai rasa dan bahan dasarnya sebagian besar sama dan rezeki pun sudah ada yang mengatur, namun mereka terus melakukan promosi besar-besaran.
Isu-isu Penting yang harus diperhatikan Gigieatcake sebagai bisnis kuliner baru adalah memantapkan dirinya sebagai brand yang terkemuka dan yang terbaik. Selalu mengamati kepuasan pelanggan dan memastikan strategi pertumbuhan tidak pernah mengkompromikan pelayanan dan tingkat kepuasan.
4. Strategi Pemasaran
            Kunci strategi pemasaran adalah fokus kepada penjualan. Gigieatcake mampu membuat produk yang diminati banyak orang dan Gigieatcake mampu melayani semua segmen yang berbeda.
            Tujuan pemasaran Gigieatcake adalah mempertahankan Kue Kekinian mereka untuk tetap dihati masyarakat Indonesia dan tidak pernah bosan. Sementara tujuan keuangannya adalah mempertahankan anggaran riset dan pengembangan yang signifikan untuk mendorong pengembangan produk dimasa depan.
            Pasar Sasaran (Target) untuk Gigieatcake adalah bidang makanan karena bisnis yang paling diminati saat ini adalah bidang makanan dan makanan merupakan bisnis yang semua kalangan dapat menikmatinya. Dapat dilihat juga dari beragamnya jenis makanan yang muncul sekarang ini.
            Positioning (Pemosisian) Gigieatcake adalah menjadikan camilan kue ini disukai banyak masyarakat Indonesia dan selalu ingin memesan dalam event apapun seperti semboyannya yaitu #SEGIGITBIKINHITZ. Karena belum hitz kalau belum beli Gigieatcake.
          Bauran Pemasaran Model 4P dipopulerkan oleh Jerome McCarthy (1968) yang mengemukakan empat elemen bauran pemasaran: Product, Price, Promotion, dan Place (Distribution). Maka bauran pemasaran dari Gigieatcake seperti berikut.
a. Produk (Product)
Untuk produk Gigieatcake sendiri mereka menawarkan berbagai macam rasa yang menjadi favorite masyarakat Indonesia dan dengan topping dan pengemasan yang baik. Gigieatcake akan terus berusaha untuk mencapai tingkat pelayanan yang baik dan sesuai dengan standarnya.
b. Penetapan Harga (Price)
Penetapan harga ini tidak berbeda jauh dengan kue yang masih satu manajemen dengan Gigieatcake. Rata-rata berkisar Rp 50.000-Rp 65.000 sangat menjangkau kantong masyarakat indonesia.
c. Iklan dan Promosi (Promotion)
Iklan dan promosi ini dilakukan di media sosial instagram yang mempunyai kekuatan sangat cepat menjangkau ke seluruh pelosok. Lalu mengadakan Meet n Great di toko mereka. Lalu membuka stand di acara kuliner di berbagai tempat atau Mall. Mengadakan kompetisi (challenge) untuk menarik minat pembeli.
d. Distribusi (Place)
Gigieatcake menggunakan model distribusi langsung ke pelanggan. Gigieatcake memilih lokasi yang mungkin dapat dijangkau orang dan lokasi yang ramai penduduk. Contohnya di Margonda, Serpong, Bekasi, Bogor dan dua kota terbarunya Cirebon dan Karawang.

5. Rencana Keuangan
            Rencana keuangan Gigieatcake adalah mampu meningkatkan laba dengan sesuai apa yang mereka kerjakan dan mereka keluarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERENCANAAN PEMASARAN GIGIEAT CAKE

     Semua pasti tahu dong “Kue Kekinian” yang lagi marak dilakukan para artis? Termasuk artis cantik Nagita Slavina seorang istri dari...